An Opus : Album baru sensasi baru

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah proses yang cukup panjang akhirnya UKM Musik SICMA UNY kembali meluncurkan album kompilasi di tahun 2017 yang berisi 7 lagu dari 7 band SICMA 2017 dan 2 bonus track. Program peluncuran album kompilasi kali ini mengangkat tema “An Opus” yang merupakan singkatan dari “Overcome And Pass Your Struggle”. Silahkan kunjungi akun soundcloud sicma bila ingin mendengarkan lagu-lagu baru dari album An Opus

Sebelumnya UKM Musik SICMA UNY juga pernah meluncurkan album kompilasi di tahun 2015 yang bertajuk“Reborn of the Dream”. Banyak proses telah dilalui oleh segenap anggota UKM Musik SICMA UNY dalam menyukseskan pembuatan album kompilasi di tahun 2017 ini. Rangkaian proses pembuatan berupa menyiapkan lagu, seleksi lagu, menyiapkan guide, proses rekaman, mastering, pencetakan, launching, dan publikasi. Yang menarik adalah proses rekaman yang semuanya dilakukan secara mandiri di studio Musik SICMA UNY dan teknisi-teknisi yang bekerja pun merupakan anggota dari UKM Musik SICMA UNY. Wow keren!
Proses rekaman mandiri yang dikoordinasi oleh Sicma Management bertujuan agar anggota UKM Musik SICMA UNY bisabelajar tentang bagaimana proses produksi musik. Jadi, anggota UKM Musik SICMA UNY tidak hanya memiliki pengetahuan tentang bermain music ataupun menyiapkan acara konsermusik, namun mereka juga memiliki pengetahuan tentang bagaimana caranya melakukan proses produksi musik. Nah, dari An Opus ini, anggota UKM Musik SICMA UNY mulai belajar untuk praktik melakukan produksi. Menurut Fariz, salah satu teknisi yang bekerja selama proses rekaman, bias memproduksi sendiri lagu buatannya merupakan suatu kepuasan. Hal serupa jugadikatakan oleh Yaqub. Diamengatakan, “bisa main music itu keren, bias bikin lagu sendiri itu hebat, tapi bisa main music dan bikin lagu lalu di produksi sendiri itu benar-benar luarbiasa”. Proses penggarapan album An Opus ini benar-benar member kesan dan pelajaran yang tak terlupakan bagi anggota UKM Musik SICMA UNY. Perlu waktu sekitar 3 bulan untuk menyelesaikan proses rekaman dari ke 7 band yang tergabung dalam album kompilasi An Opus.
Band yang berpartisipasi dalam album kompilasi An Opus adalah Yesser, Permadani, Daruna, EngselPintu, D’Polka, Rellz, dan Revival. Band tersebut hamper semuanya menyajikan lagu ciptaan mereka yang pertama. Walaupun itu merupakan lagu pertama mereka dan proses rekaman pertama bagi mereka, namun musik yang dihasilkan sangat keren dan layak untuk di publikasikan bahkan dipasarkan. Sudah banyak yang melakukan pemesanan pre-order untuk album kompilasi An Opus ini. Menurut Chandra, diatertarik untuk memesan album kompilasi karena terkesan dengan lagu yang dimainkan pada saat proses launching. Dia juga menuturkan bahwa kita harus mengapresiasi karya tersebut yang benar-benar karya pertama bagi sebagian band dan karya tersebut masih benar-benar asli alias original. Setelah sukses melakukan proses produksi yang dikoordinasi oleh Sicma Management, UKM Musik SICMA UNY pun mengadakan konser launching album An Opus yang dikoordinasi oleh Sicma Organizer.
Konser launching album dilaksanakan di lapangan parkir Plaza UNY pada tanggal 14 September 2017 dengan penampilan pembuka dari Forum Komunikasi UKM Musik Yogyakarta “FKUKMMY”, dancer dari SDC, dilanjutkan penampilan dari tujuh band yang tergabung dalam album kompilasi An Opus, dan ditutup dengan penampilan dari bintang tamu Konstelasi, Seperti proses pembuatan album kompilasi yang dilakukan secara mandiri, konser tersebut juga dipersiapkan secara mandiri oleh anggota UKM music SICMA UNY dari pembuatan tema sampai dengan proses pelaksanaannya. Tujuan dari konser tersebut adalah untuk memperkenalkan lagu baru dan album kompilasi An Opus. Pada saatkonser juga telah disediakan booth pre-order bagi mereka yang tertarik untuk memesan,
Nah, sekarang jadi makin paham kan kalau UKM Musik SICMA UNY merupakan wadah untuk semua pecinta musik. Bukan hanya tentang “ngeband”,di SICMA kita bias belajar semua yang berkaitan dengan dunia music mulai dari belajar bermain musik, belajar menjadi manajer band, belajar membuat lagu, belajar membuat rekaman lagu, belajar mempublikasikan album, belajar untuk menyajikan sebuah acara music seperti konser dan yang tidak ketinggalan adalah belajar berorganisasi. Lengkap !UKM Musik SICMA UNY adalah dunia musiknya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Print Friendly, PDF & Email

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 7 =


5 + 5 =