KLINIK MUSIK #1:

Menularkan keterampilan bermusik bisa diupayakan dengan banyak cara. UKM Musik SICMA UNY mengemas proses itu dalam bentuk klinik musik pada Sabtu, (19/5). Pemateri pada acara tersebut, Aditya Kurniawan dan Rira Zahrotul, merupakan alumni UKM Musik SICMA UNY yang telah profesional pada bidangnya masing-masing. Adit, begitu ia biasa disapa, merupakan seorang music producer yang telah banyak mengerjakan proyek-proyek musik dan voice over, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sedangkan Rira merupakan pegiat di salah satu forum musik di Jogja, dan juga merupakan seorang vokalis dari duo group RiraCandra.
Dalam acara tersebut, tidak hanya dihadiri oleh anggota SICMA. Banyak teman-teman musisi dari UKM Musik lain di Jogja yang tergabung dalam FKUKMMY (Forum Komunikasi UKM Musik Yogyakarta) juga turut hadir dalam acara.
Seperti yang terlihat, dalam acara tersebut, Adit membeberkan tentang bagaimana cara merekam dan memproduksi sumber suara untuk menjadi sebuah rekaman musik yang baik. Ia juga menjelaskan bahwa, selain faktor alat, sumber daya manusia yang baik juga merupakan hal penting untuk menghasilkan karya yang layak didengar.

Di sisi lain, Rira memberikan kiat-kiat menciptakan karya lagu yang bagus. Yang terpenting dalam menciptakan sebuah lagu adalah orisinalitas. Selain karena kita dapat terhindar dari plagiat, orisinalitas juga merupakan cara yang ampuh bagi seorang musisi untuk menunjukkan karakter dan jati dirinya.

Dalam acara tersebut, tidak hanya dihadiri oleh anggota SICMA. Banyak teman-teman musisi dari UKM Musik lain di Jogja yang tergabung dalam FKUKMMY (Forum Komunikasi UKM Musik Yogyakarta) juga turut hadir dalam acara.
“Saya datang kesini karena penasaran, gimana sih caranya memproduksi karya audio dengan baik, karena tak jarang juga saya merekam lagu-lagu teman” begitu kata Niko dari UKM AMO Amikom.
“Dengan adanya klinik musik ini, diharapkan dapat menambah wawasan dan menambah keterampilan teman-teman musisi, khususnya anggota SICMA” tutur Siska selaku koor Manajemen Band UKM Musik SICMA UNY.

Print Friendly, PDF & Email

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =


86 − = 77